Sunday, December 23, 2012

Playstation dan Anak-anak


Playstation ya itulah mesin permainan anak-anak yang sangat di gemari pada saat ini. Tapi sebenarnya playstation bukan permainan yang cocok untuk anak-anak. Bahkan sekarang sudah banyak rental playstation sehingga orang tua tidak perlu membeli nya. Seorang anak akan rela menunggu berjam-jam hanya untuk bisa bermain playstation di rental. Terkadang orang beranggapan lebih baik bermain playstation daripada keluyuran ngga jelas. Seorang anak yang kecanduan PS sudah terbiasa dengan stimulasi yang bergerak, berwarna dan bercahaya serta bersuara. Akibatnya bila ada stimulasi lain yang intensitasnya lebih rendah, anak akan menjadi cuek. “Anak yang cuek, mudah marah, cenderung egosentris, tidak sabaran dan sembrono, itu karena anak kurang bersosialisasi. Dan kecanduan PS bisa membuat anak menjadi cuek, akibatnya sosialisasi yang kurang,” tambahnya. Selain itu, sinar elektromagnetik dari layar PS yang cukup lebar, bila terpancar terus menerus sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata.
Dan saya menemukan penyakit yang di akibatkan terlalu sering bermain playstation.PlayStation palmar hidradentitis itulah nama penyakit nya yang di akbiatkan Orang yang sering menekan dan mencengkeram keras genggaman tangan dalam menekan tombol-tombol secara berulang-ulang dari sejak kecil hingga dewasa akan menimbulkan trauma pada permukaan kulit telapak tangan.
Selain itu, sudah ada bukti dari penelitian lain yang menunjukkan terlalu banyak bermain game bisa menyebabkan penyakit tendinitis akut yaitu terjadinya peradangan pada jaringan fibrosa kuat yang menghubungkan otot dengan tulang (tendon). "Jika Anda khawatir tentang rasa sakit pada tangan saat bermain game, mungkin sudah saatnya Anda memberikan istirahat pada tangan Anda. Jangan bermain secara berlebihan apalagi jika tangan Anda cenderung mudah berkeringat.
Menurut penelitian British Medical Journal, permainan seperti itu dapat memicu terjadinya sindrom tangan bergetar, atau Hand-arm Vibration Syndrome. Yang lebih mengkhawatirkan, gangguan tersebut menyebabkan rusaknya pembuluh-pembuluh darah kecil yang berfungsi mengalirkan darah ke tangan. Akibatnya, muncul gejala-gejala seperti tangan yang mati rasa dan sirkulasi darah yang buruk serta sensitivitas yang berlebihan terhadap rasa panas & dingin
Dampak psikologi juga tidak kalah berbahayanya bagi mereka. Umumnya game online yang diakses atau play station yang digemari anak-anak mengandung unsur kekerasan. Akumulasi dari interaksi dengan game berunsur kekerasan itu akan mempengaruhi kepribadian mereka dan membentuk mereka menjadi suka marah dan temperamental. Bahaya berikutnya adalah masalah kesehatan. Depkominfo melalui Direktur Pemberdayaan Telematika Departemen Komunikasi dan Informatika pernah menyampaikan bahwa tidak sedikit pecandu games online yang sakit-sakitan bahkan hingga membawa korbannya kepada kematian akibat tidak mengenal waktu dalam mengakses permainan itu.
Nah oleh karena itu wahai para orang tua berilah seorang anak permainan atau mainan yg pantas atau bermanfaat buat diri nya jangan sampai permainan nya itu membahayakan bagi dirinya. Hal-hal yang perlu orang tua lakukan diantaranya adalah memberikan perhatian kepada mereka. Sesibuk apapun aktifitas dan pekerjaan orang tua, kalian perlu meluangkan waktu untuk berbicara kepada mereka, menemani mereka dan bercanda dengan mereka. Perhatian itu juga orang tua ungkapkan saat ada momen-momen istimewa. Saat ia menerima rapot, saat ia mendapat nilai bagus waktu ualangan, dan sebagainya. Memberikan hadiah di saat-saat seperti itu adalah pilihan yang tepat. Sekian dari saya dan terimakasih.
Sumber :

No comments:

Post a Comment