Thursday, December 20, 2012

Abu Vulkanik Ada Manfaat nya Loh


Ternyata abu vulkanik atau pasir vulkanik yang dihasilkan dari gunung merapi ada manfaat nya loh. Dalam waktu jangka panjang abu vulkanik bermanfaat untuk penyuburan tanah karena tanpa harus di olah kembali dalam jangka waktu 1 tahun abu vulkanik bisa langsung di gunakan sebagai pupuk tanaman. Meski demikian, lanjutnya, petani tidak harus menunggu dalam jangka waktu setahun untuk menormalkan kembali Ph tanah. Bagi petani bisa mencampur dengan kapur dolomit untuk menurunkan derajat keasaman. "Komposisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan Ph adalah satu ton kapur dolomit untuk lahan seluas satu hectare.
Sementara itu ada beberapa pendapat yg saya dapatkan tentang ke asaman abu vulkanik ini. Salah satu nya ada yang mengatakan abu vulkanik ini bersifat asam dan yang lain ada juga yang mengatakan dapat menigkatkan pH tanah. Tapi sesuai pada mitos yang menyebutkan bahawa tanah yang berada di sekitar gunung merapi sangat subur, seperti nya pendapat yang menyebutkan abu vulkanik dapat mengasamkan tidaklah benar ternyata.
Jika kita liat dari sifat fisik nya abu hasil pembakaran yang mempunyai sifat seperti batuan zeolit dan arang berfungsi sebagai penambah unsure hara dalam tanah sehingga tidak mudah tercuci oleh air. Abu vulkanik juga akan mempermudah penyerapan unsur hara oleh akar tanaman. Namun jika tanah abu vulkanik di tambhkan pupuk seperti pupuk kotoran hewan hal tersebut akan membuat hasil nya semakin prima.
Jika kita merujuk pada pemikiran yang ada di atas tadi berarti dengan demikian nmeletus nya gunung merapi atau keluar nya abu vulkanik akan menguntungan para petani yang di sekitar gunung merapi.
Sumber                :




No comments:

Post a Comment